STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENDEKATAN EKSPRESI BEBAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD INSAN CENDIKIA SUMBAGA
Ika Mulyana Sofiani, 1601413081 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENDEKATAN EKSPRESI BEBAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD INSAN CENDIKIA SUMBAGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran seni tari dengan menggunakan pendekatan ekspresi bebas yang diaplikasikan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti merupakan instrumen penelitian itu sendiri. Peneliti mengumpulkan data melalui beberapa cara yaitu observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Yang kemudian dari data yang didapatkan peneliti melakukan proses analisis dengan mereduksi, mencocokkan atau mengklarifikasi, mendeskripsikan kemudian menyimpulkan informasi. Dari analisis yang dilakukan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengajar dalam kegiatan pembelajaran ekspresi bebas. Disamping keefektifannya dalam mengembangkan kreativitas anak, pendekatan ekspresi bebas juga memiliki beberapa hal yang menjadi faktor penghambat. Inti dari pendekatan ekspresi bebas ini adalah kegiatan pemberian kesempatan yang sebesar-besarnya kepada anak untuk berkreasi. Dan tujuan dari pendekatan ekspresi bebas adalah setiap anak dapat menunjukkan hasil dari pemikiran mereka sendiri. Proses pembelajaran ekspresi bebas adalah informasi didapat dari berbagai sumber diterima, diolah, dikomunikasikan, dan dinilai oleh anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi belejar, Seni tari anak, Ekspresi Bebas |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 03:42 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 03:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52688 |
Actions (login required)
View Item |