HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC BOUYANCY DENGAN KEJENUHAN BELAJAR PADA MAHASISWA SAAT MELAKUKAN PEMBELAJARAN ONLINE


Maria Berliana Naibaho, 1511417066 (2021) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC BOUYANCY DENGAN KEJENUHAN BELAJAR PADA MAHASISWA SAAT MELAKUKAN PEMBELAJARAN ONLINE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417066. - Maria Berliana Naibaho v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi psikologis yang dialami oleh individu yang berfokus kepada kegiatan akademis, dimana individu tersebut merasa lelah, sinis dan tidak peduli, serta terjadinya pengurangan keefektifan, khususnya dalam menghadapi tantangan akademik sehingga menyebabkan penurunan pencapaian dalam akademik individu. Akibatnya mahasiswa akan mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan akademik. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dengan memiliki kemampuan ketahanan untuk berhasil menghadapi penurunan akademis dan tantangan harian dalam kehidupan dan mengatasi tugas�tugas sekolah yang sulit atau disebut dengan academic bouyancy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic bouyancy dengan kejenuhan belajar pada mahasiswa saat pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang sejumlah 396 mahasiswa, dengan menggunakan multi-stage sampling. Metode pengumpulan data dilakuakan dengan skala kejenuhan belajar dan skala academic bouyancy, yang berjumlah sebanyak 23 aitem untuk kedua instrumen penelitian, dengan hasil reabilitas 8.43 untuk kejenuhan belajar dan 8.27 untuk academic bouyancy. Menggunakan teknik korelasional Pearson Product-Moment Corelation untuk menguji analisis hubungan kedua variabel, menunjukkan hasil nilai (r) sebesar -0,581 dengan nilai p sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara academic bouyancy dengan kejenuhan belajar, serta berada pada kategori sedang untuk kejenuhan belajar dan academic bouyancy. Meningkatkan dan menjaga academic bouyancy mahasiswa selama pembelajaran online akan membantu mahasiswa untuk mereduksi stres yang dialami. Gambaran penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk menjadi referensi baru serta informasi bagi mahasiswa untuk mencoba strategi tertentu untuk meningkatkan academic bouyancy pada masa pandemi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan belajar, Academic buoyancy, Pembelajaran online
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:14
Last Modified: 04 Nov 2022 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52680

Actions (login required)

View Item View Item