HUBUNGAN KONFORMITAS KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN KONTROL DIRI MAHASISWA DALAM INTERAKSI KOMUNIKASI HOAX DI MEDIA SOSIAL


Tria Yuliana, 1511417041 (2021) HUBUNGAN KONFORMITAS KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN KONTROL DIRI MAHASISWA DALAM INTERAKSI KOMUNIKASI HOAX DI MEDIA SOSIAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417041 - Tria Yuliana (2) v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meluasnya penggunaan internet semakin mendorong kemudahan untuk berkomunikasi dan penyebaran informasi. Salah satunya dampak negatif dari kemudahan tersebut yaitu mudah berkembangnya informasi hoax. Kontrol diri pada masyarakat yang rendah semakin memudahkan berkembangnya hoax dalam masyarakat. Penyebaran hoax juga terjadi dikalangan mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Hal tersebut didasarkan dari studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti yang menunjukkan 49% dari responden menyatakan bahwa mereka pernah baik dengan sengaja maupun tidak ikut menyebarluaskan hoax. Berdasarkan hasil tersebut ditemukan bahwa salah satu alasan responden memiliki kontrol diri yang rendah terhadap penyebaran hoax yaitu adanya perilaku conform kepada kelompok teman sebayanya. Oleh karena itu, melalui penelitian ini ingin diketahui apakah ada hubungan antara konformitas kelompok teman sebaya dengan kontrol diri mahasiswa dalam interaksi komunikasi hoax di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka dan akan diolah secara statistik. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas negeri Semarang yang memiliki kriteria: 1) Mahasiswa aktif S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 dan 2018; 2) Menggunakan media sosial minimal satu jenis media sosial; 3) Pernah mendapatkan dan ikut menyebarkan hoax yang diketahui sebelum atau sesudah menyebarkan. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam uji validitas pada skala kontrol diri mahasiswa dari 20 aitem sebanyak 17 aitem yang dinyatakan valid dan 3 aitem yang dinyatakan tidak valid yaitu pada nomer 1,7, dan 10. Pada skala konformitas kelompok teman sebaya dari 25 aitem yang diujikan semuanya dinyatakan valid. Sedangkan dalam uji reliabilitas kedua skala dinyatakan reliabel dengan koefisien reliabilitas skala kontrol diri mahasiswa sebesar 0,558 dan skala konformitas kelompok teman sebaya sebesar 0,761. Metode analisis yang digunakan yaitu statistik nonparametrik dengan teknik korelasional Spearman Rho. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hasil bahwa koefisien korelasi sebesar (r) = -0,245 dengan taraf signifikansi (p) = 0,008. Artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara konformitas kelompok teman sebaya dengan kontrol diri mahasiswa dalam interaksi komunikasi hoax di media sosial. Dalam kategorisasi yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa tingkat kontrol diri mahasiswa berada pada kategori sedang dan tingkat konformitas kelompok teman sebaya pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konformitas, kelompok teman sebaya, kontrol diri, mahasiswa, hoax, media sosial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:58
Last Modified: 04 Nov 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52677

Actions (login required)

View Item View Item