HUBUNGAN PERCEIVED ENJOYMENT DENGAN ONLINE REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN SHOPEE


Anna Pebrita, 1511417028 (2021) HUBUNGAN PERCEIVED ENJOYMENT DENGAN ONLINE REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN SHOPEE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417028 fix - Anna Pebrita v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perceived enjoyment diduga akan memengaruhi perilaku konsumen selanjutnya. Perceived enjoyment adalah kenikmatan yang bisa dirasakan, yang muncul saat individu beraktivitas dengan internet. Sedangkan tindakan individu yang melakukan pembelian kembali disebut dengan online repurchase intention. Konsumen yang telah merasakan kenikmatan dalam melakukan transaksi online akan cenderung melakukan pembelian kembali. Dengan begitu, topik ini diangkat untuk mengetahui hubungan perceived enjoyment dengan online repurchase intention pada konsumen Shopee dan untuk mengetahui gambaran online repurchase intention pada konsumen Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi 390 subjek yang memiliki akun Shopee dan pernah membeli produk di Shopee. Teknik sampling yang digunakan penelitian ini yaitu convenience sampling. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala likert dengan menggunakan validitasisi dan reliabilitasinternal consistency. Metode analisis data yang digunakan yaitu Rank Spearman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala online repurchase intention dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,911 dari 35 aitem valid serta skala perceived enjoyment dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,932 dari 29 aitem valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan perceived enjoyment dengan online repurchase intention pada konsumen Shopee. Hipotesis penelitian diterima karena diperoleh (r = 0.681, p = 0.000). Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi perceived enjoyment pada konsumen Shopee, maka akan semakin tinggi pula online repurchase intention. Sedangkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa online repurchase intention pada konsumen Shopee berada pada kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa konsumen Shopee saat berbelanja secara online tidak hanya satu kali tetapi bisa saja berulang kali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perceived Enjoyment, Online Repurchase Intention, Konsumen Shopee
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:55
Last Modified: 04 Nov 2022 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52676

Actions (login required)

View Item View Item