HUBUNGAN ANTARA STRATEGI COPING DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI E-LEARNING


Agus Pratomo Dwi Mega Saputro, 1511417024 (2021) HUBUNGAN ANTARA STRATEGI COPING DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI E-LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417024 - Agus Pratomo Dwi Mega Saputro v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

E-learning adalah metode pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet untuk mendukung proses pembelajaran. Penerapan e-learning dari yang sebelumnya tatap muka secara tiba-tiba membuat mahasiswa perlu untuk menyesuaikan diri. Namun, tidak semua mahasiswa dapat dengan mudah menyesuaikan diri sehingga hal tersebut dapat menimbulkan kecemasan akademik. Strategi coping merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara strategi coping dengan kecemasan akademik pada mahasiswa yang mengikuti e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kerelasional. Sampel penelitian berjumlah 329 mahasiswa Universitas Negeri Semarang dengan teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Data penelitian diambil menggunakan dua skala, yaitu skala kecemasan akademik, yang terdiri atas 38 aitem valid dengan taraf signifikansi yang bergerak dari 0,252-0,677, dan skala strategi coping yang terdiri atas 21 item valid dengan taraf signifikansi bergerak dari 0,234-0,537. Koefisien reliabilitas skala kecemasan akademik sebesar 0,895, dan skala strategi coping memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,740. Uji hipotesis dilakukan dengan formula korelasi Spearman menghasilkan nilai rho sebesar 0,164 dengan nilai signifikansi 0,003. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara strategi coping dengan kecemasan akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang diterima. Semakin tinggi strategi coping yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi kecemasan akademik. Begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecemasan akademik, strategi coping, mahasiswa, e-learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:45
Last Modified: 04 Nov 2022 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52673

Actions (login required)

View Item View Item