HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA DENGAN DAYA JUANG BELAJAR SISWA SMP DI SEMARANG PASCA PENGHAPUSAN UJIAN NASIONAL


Ruth Febriana, 1511417018 (2021) HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA DENGAN DAYA JUANG BELAJAR SISWA SMP DI SEMARANG PASCA PENGHAPUSAN UJIAN NASIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417018 - Ruth Febriana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan “Merdeka Belajar” menghasilkan 4 pokok kebijakan baru salah satunya adalah penghapusan Ujian Nasional. Pasca penghapusan Ujian Nasional dikhawatirkan siswa akan menjadi tidak semangat belajar. Hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa terdapat fenomena siswa yang kurang semangat belajar (52,8%), malas belajar (73,6%), dan mengalami kesulitan belajar yang lainnya. Daya juang belajar dimiliki ketika siswa tumbuh didalam keluarga yang menjalankan fungsinya sebagai keluarga dengan baik dan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keberfungsian keluarga dengan daya juang belajar siswa SMP di Semarang pasca Ujian Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling, dengan jumlah total sampel 148 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan 2 skala psikologi, yaitu skala daya juang belajar yang terdiri dari 28 aitem yang fit dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,84 dan skala keberfungsian keluarga yang terdiri dari 31 aitem yang fit, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,91. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil olah data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara keberfungsian keluarga dengan daya juang belajar siswa SMP di Semarang pasca penghapusan Ujian Nasional. Diketahui bahwa r = 0,675 dengan p-value <0,001 yang berarti bahwa hasil penelitian ini sangat signifikan dengan nilai r yang besarnya mendekati 1 (r = 0,675). Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi keberfungsian keluarga maka akan semakin tinggi daya juang belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya Juang Belajar, Keberfungsian Keluarga, Penghapusan Ujian Nasional, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:38
Last Modified: 04 Nov 2022 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52672

Actions (login required)

View Item View Item