Pengaruh Perceived Enjoyment terhadap Intensitas Online Window Shopping pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang


Injih Purwo Augiya, 1511416126 (2021) Pengaruh Perceived Enjoyment terhadap Intensitas Online Window Shopping pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416126 - Injih Purwo Augiya v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Online shop menjadi layanan pusat perbelanjaan yang sering digunakan oleh masyarakat terutama mahasiswa. Kenikmatan yang dirasakan dari penggunaan aplikasi online shop yang dilakukan menjadi pondasi untuk penggunanya menelusuri laman situs online shop walau tanpa mendapat apapun. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pengguna e-commerce yang melihat-lihat barang yang ada di laman situs online shop karena dianggap menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived enjoyment terhadap intensitas online window shopping pada mahasiswa universitas negeri semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel berjumlah 210 pengguna e-commerce yang pernah melakukan penelusuran melalui online shop dengan teknik purposive random sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala perceived enjoyment dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,943 dari 27 item valid serta skala intensitas online window shopping dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,862 dari 23 item valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perceived enjoyment terhadap intensitas online window shopping pada mahasiswa universitas negeri semarang. Hipotesis penelitian diterima karena diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,697 antara perceived enjoyment dan intensitas online window shopping. Hasil uji regresi diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,485 yang berarti 48,5% intensitas online window shopping pada mahasiswa universitas negeri semarang dipengaruhi oleh perceived enjoyment.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perceived enjoyment, intensitas online window shopping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:35
Last Modified: 04 Nov 2022 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52671

Actions (login required)

View Item View Item