PENYUSUNAN SKALA PREFERENSI BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL: UJI ESTIMASI VALIDITAS KONSTRAK DAN UJI ESTIMASI RELIABILITAS SKALA (STUDI PADA KONSUMEN MILENIAL)


Okti Iyumi Rizqiputri, 1511416109 (2021) PENYUSUNAN SKALA PREFERENSI BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL: UJI ESTIMASI VALIDITAS KONSTRAK DAN UJI ESTIMASI RELIABILITAS SKALA (STUDI PADA KONSUMEN MILENIAL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416109 - Okti Iyumi Rizqiputri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Preferensi konsumen merupakan pilihan suka atau tidak sukanya seseorang terhadap produk yang ia konsumsi. Preferensi ini terbentuk dari persepsi konsumen terhadap produk. Persepsi ini sebagai perhatian kepada pesan, yang mengarah ke pemahaman dan ingatan yang jika sudah mengendap dan melekat dalam pikiran akan menjadi preferensi (Assael dalam Kyle dkk, 2004). Pada pasar tradisional tentunya agar terjadi transaksi antar konsumen dengan pedagang, preferensi berbelanja berperan aktif dalam mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional. Jika pasar tradisional tidak bisa menyesuaikan dengan preferensi konsumennya tidak menutup kemungkinan bahwa keberadaan pasar tradisional terancam hilang. Sedangkan, pasar tradisional ini memiliki nilai-nilai yang tidak dimiliki oleh pasar modern dan pasar online (Rusham, 2016). Sehingga perlu dilakukan studi yang mencari tahu faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi berbelanja konsumen terhadap pasar tradisional. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi berbelanja terhadap pasar tradisional dan untuk mengetahui hasil analisis psikometri pada skala preferensi berbelanja di pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan penekanan pada bidang psikometrika. Psikometrika adalah ilmu tentang tata cara dalam mengevaluasi karakteristik tes psikologi (Azwar, 2015). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 1006 generasi milenial Indonesia. Sampel yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel Non-Probability yaitu accidental sampling (convenience sampling). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, faktor yang mempengaruhi preferensi berbelanja di pasar tradisional ialah faktor kesesuaian diri, faktor kemudahan, faktor kenyamanan, dan faktor keterjangkauan. Skala preferensi berbelanja di pasar tradisional yang dibuat oleh peneliti memiliki model yang terestimasi valid dan reliabel. Hal ini didukung dengan hasil validitas berdasarkan indeks kriteria goodness of fit yaitu RMSEA sebesar 0.072, SRMR sebesar 0.067, CFI sebesar 0.907, dan TLI sebesar 0.883 dan hasil reliabilitas pada masing-masing subtes yang menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha dari tiap faktor yaitu 0.807 (Kesesuaian Diri), 0,760 (Kemudahan), 0,741 (Kenyamanan) dan 0,703 (Keterjangkauan).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Berbelanja, Pasar Tradisional, Milenial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:32
Last Modified: 04 Nov 2022 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52670

Actions (login required)

View Item View Item