TINGKAT CAREER ADAPTABILITY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DITINJAU DARI THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS


Gilang Arista Prastomo, 1511416086 (2021) TINGKAT CAREER ADAPTABILITY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DITINJAU DARI THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416068 - Gilang Arista Prastomo v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya lapangan pekerjaan menjadi tantangan tersendiri bagi para lulusan�lulusan baru perguruan tinggi. Mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan menyelesaikan studi dan akan mengalami masa transsisi school to work seharusnya dapat mempersiapkan kemampuan dan juga wawasan yang dibutuhkan untuk kariernya sejak awal karena hal tersebut merupakan faktor penting. Kemampuan mempersiapkan diri dan adaptasi terhadap perubahan-perubahan yang dialami dalam mempersiapkan karier disebut dengan istilah Career Adaptability. Tingkat Career Adaptability seseorang akan dipengaruhi oleh faktor kepribadian. Kepribadian tiap individu pasti berbeda-beda, karena kepribadian merupakan pola sifat tertentu yang cenderung menetap. Adapun salah satu pendekatan dalam mengkaji kepribadian individu adalah dengan The Big Five Personality Traits Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan Career Adaptability pada Mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Semarang ditinjau dari The Big Five Personality Traits. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparasi. Teknik pengambilan sampling menggunakan Multiple Stage Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 336 Mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Career Adaptability yang berisi 36 aitem dengan koefisien reliabilitas = 0,887dan skala the big five personality Trait yang diadaptasi dari Ramdhani. Hasil perhitungan dibantu dengan software pengolah data, mendapatkan hasil bahwa tingkat Career Adaptability pada mahasiswa tingkat akhir dalam kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode One-Way Anova Analysis of Variance diperoleh hasil F sebesar 30,669 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga, hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian yaitu terdapat perbedaan tingkat Career Adaptability pada mahasiswa tingkat akhir ditinjau dari the big five personality Trait diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Career Adaptability, The Big Five Personality Traits, Mahasiswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:10
Last Modified: 04 Nov 2022 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52665

Actions (login required)

View Item View Item