PENGARUH PERCEIVED DIGITAL DISRUPTION I-BANKING TERHADAP JOB INSECURITY FRONT OFFICE BANK


Dimas Yudhistira Wiratama, 1511415060 (2021) PENGARUH PERCEIVED DIGITAL DISRUPTION I-BANKING TERHADAP JOB INSECURITY FRONT OFFICE BANK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511415060 - Dimas Yudhistira Wiratama v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dinamika dalam lingkup dunia kerja sangatlah beragam dan luas, salah satu dinamika yang terjadi di dalam diri karyawan yang penting untuk dikaji adalah job insecurity atau ketidakamanan kerja. Faktor yang mempengaruhi dinamika job insecurity pada karyawan tidak hanya faktor eksternal namun juga internal diri karyawan, salah satunya adalah masuknya era baru atau modernisasi berdampak luas menginisiasi suatu proses yang disebut dengan istilah disruption proses ini dapat memasuki hampir di segala lapisan dan hampir tidak bisa dilepaskan dari masyarakat karena merupakan suatu proses era. Hal ini menimbulkan masalah baru dengan diadopsinya suatu kemajuan teknologi seperti digital i-banking dapat memangkas sumber daya perusahaan dan kebutuhan karyawan pertahun sehingga memungkinkan mempengaruhi job insecurity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perceived mengenai digital disruption i-banking dengan job insecurity pada karyawan front office bank. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random purposive sampling dengan populasi sejumlah 105 karyawan front office bank yang tersebar di jawa timur. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana dengan program pengolah data. Hasil uji hipotesis dari olah data menunjukan ada pengaruh antara perceived digital disruption i-banking dengan job insecurity karyawan perbankan dengan nilai koefisien (r) sebesar 0,244 dengan p sebesar 0,012. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,244 mengartikan hubungan antara perceived digital disruption i-banking dengan job insecurity karyawan perbankan merupakan hubungan yang positif. Saran kepada karyawan hendaknya lebih mengetahui dan menyikapi inovasi di dalam dunia kerja yang tengah dijalankan sehingga sebagai karyawan dapat lebih menyiapkan diri dan meminimalisir segala dampak dari perubahan dan inovasi yang perusahaan kehendaki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dinamika dalam lingkup dunia kerja sangatlah beragam dan luas, salah satu dinamika yang terjadi di dalam diri karyawan yang penting untuk dikaji adalah job insecurity atau ketidakamanan kerja. Faktor yang mempengaruhi dinamika job insecurity pada karyawan tidak hanya faktor eksternal namun juga internal diri karyawan, salah satunya adalah masuknya era baru atau modernisasi berdampak luas menginisiasi suatu proses yang disebut dengan istilah disruption proses ini dapat memasuki hampir di segala lapisan dan hampir tidak bisa dilepaskan dari masyarakat karena merupakan suatu proses era. Hal ini menimbulkan masalah baru dengan diadopsinya suatu kemajuan teknologi seperti digital i-banking dapat memangkas sumber daya perusahaan dan kebutuhan karyawan pertahun sehingga memungkinkan mempengaruhi job insecurity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perceived mengenai digital disruption i-banking dengan job insecurity pada karyawan front office bank. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random purposive sampling dengan populasi sejumlah 105 karyawan front office bank yang tersebar di jawa timur. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana dengan program pengolah data. Hasil uji hipotesis dari olah data menunjukan ada pengaruh antara perceived digital disruption i-banking dengan job insecurity karyawan perbankan dengan nilai koefisien (r) sebesar 0,244 dengan p sebesar 0,012. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,244 mengartikan hubungan antara perceived digital disruption i-banking dengan job insecurity karyawan perbankan merupakan hubungan yang positif. Saran kepada karyawan hendaknya lebih mengetahui dan menyikapi inovasi di dalam dunia kerja yang tengah dijalankan sehingga sebagai karyawan dapat lebih menyiapkan diri dan meminimalisir segala dampak dari perubahan dan inovasi yang perusahaan kehendaki.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:07
Last Modified: 04 Nov 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52664

Actions (login required)

View Item View Item