VALIDASI MODUL TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN ATENSI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD)


Amalia Husadani, 1511414094 (2021) VALIDASI MODUL TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN ATENSI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511414094 - Amel Husada v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Attention Deficit and Hiperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktifitas motorik anak-anak hingga menyebabkan perilaku anak tidak lazim yang ditandai dengan gangguan pemusatan perhatian dan gangguan konsentrasi (inattention), berbuat dan berbicara tanpa memikirkan akibat (impulsive), dan perilaku hiperaktif yang tidak sesuai dengan umurnya. Rendahnya fungsi intelektual dan atensi pada anak ADHD membuatnya memilliki masalah dalam belajar di sekolah sehingga membuat mereka harus masuk dalam kelompok belajar khusus yang memberikan bimbingan dan pendampingan lebih besar daripada anak pada umumnya. Salah satu intervensi behavior yang dapat diberikan adalah token ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi dan validitas fungsional dari modul token ekonomi yang telah disusun. Uji validasi isi dilakukan dengan teknik Aiken’s V yang melibatkan 7 professional judgement. Validitas token ekonomi isi modul ini berada pada rentang rentang 0,82 hingga 0,96. Validitas fungsional diperoleh melalui uji empirik dengan metode eksperimen desain reversal A-B-A.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: token ekonomi, atensi, ADHD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:50
Last Modified: 04 Nov 2022 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52661

Actions (login required)

View Item View Item