PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRONOLOGIS SISWA MATERI PERLAWANAN RAKYAT TERHADAP KOLONIALISME BARAT KELAS XI MA NEGERI 2 PATI


Lutfia Richa Ayu Mustika, 3101417054 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRONOLOGIS SISWA MATERI PERLAWANAN RAKYAT TERHADAP KOLONIALISME BARAT KELAS XI MA NEGERI 2 PATI. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417054 - Lutfia Richa Ayu Mustika(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya antusiasme siswa sehingga menyebabkan keengganan siswa untuk mempelajari sejarah di sekolah. Hal ini mengakibatkan kurangnya kemampuan siswa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kronologis di kelas. Pemanfaatan media pembelajaran dinilai mampu membantu guru untuk menyampaikan materi yang dinilai sulit. Namun, hal ini maksimal dilakukan oleh guru. Sehingga peneliti bermaksud untuk melakukan pengembangan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kronologis siswa dan keefektifan media infografis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Terdiri dari tahap menganalisis kebutuhan media melalui observasi, wawancara, dan angket, melakukan perancangan desain, pengembangan desain, implementasi, dan melakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media infografis layak dikembangkan sebagai media pembelajaran di sekolah. Validasi dari para ahli terdiri dari ahli materi, media, dan pembelajaran, mendapatkan hasil rata-rata 87,8% yang menunjukkan nilai sangat layak. Media infografis juga dinilai memiliki pengaruh langsung terhadap siswa. Terlihat dari angket tanggapan siswa mengenai infografis yang telah dikembangkan, dari 15 pertanyaan yang diajukan kepada 40 siswa, mendapatkan persentase 90% yang menandakan bahwa media diterima baik oleh siswa. Selain itu juga mendapatkan tanggapan 100% dari guru yang setuju pada 10 poin pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata kemampuan siswa setelah menggunakan media infografis sejarah antara rata-rata nilai pretes sebesar 43 dan nilai postes 74. Sehingga terdapat kenaikan ketentuan pretes dari 15% menjadi ketuntasan pada postes sebesar 85%. Selain itu, ketuntasan kelas XI IPS 1 MA Negeri 2 Pati dihitung sebesar 85% tuntas dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran infografis sangat layak dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Saran dari penelitian ini yaitu agar sekolah memfasilitasi guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatis sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di masa pandemi dengan keadaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam jaringan (online) seperti saat ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Berpikir Kronologis, Media Pembelajaran, Infografis.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:48
Last Modified: 04 Nov 2022 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52660

Actions (login required)

View Item View Item