KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di Perumahan Tawangsari Indah Kabupaten Wonosobo)


Rulia Dwi Okterina Putri, 1511414078 (2021) KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di Perumahan Tawangsari Indah Kabupaten Wonosobo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511414078 - Okterina Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 masyarakat dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya dalam pencegahan penularan Covid-19. Penerapan perilaku sosial yang baru pada masyarakat tidaklah mudah dan masih ada sebagian orang masih belum taat dalam penerapan kebiasaan baru ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan selama pandemic Covid 19 di Perumahan Tawangsari Indah Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah sebagian masyarakat di Perumahan Tawangsari Indah yaitu 115 kepala keluarga. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan dan ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan analisis univariat. Hasil penelitian diperoleh tingkat kepatuhan masyarakat di Perumahan Tawangsari Indah Kabupaten Wonosobo dalam penerapan protokol kesehatan sebanyak 60 responden (52,2%), jenis kelamin responden sebagian besar perempuan sebanyak 76 responden (66,1%), tingkat pendidikan responden sebagian besar perguruan tinggi sebanyak 66 responden (57,4%.). Kesimpulan penelitian ini sebagian besar responden patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, jenis kelamin sebagian besar perempuan, tingkat pendidikan sebagian besar perguruan tinggi. Disarankan kepada masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi untuk mencegah penularan Covid-19 sebagai usaha preventif untuk menurunkan insidensi Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Protokol Kesehatan, Pandemi Covid-19
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:43
Last Modified: 04 Nov 2022 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52659

Actions (login required)

View Item View Item