PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP


Nur Milatis Sakinah, 4001417014 (2021) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417014 - Nur Milatis Sakinah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan, kemampuan dan karakter pada siswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MTs Attaqwa Bandar, terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran IPA di kelas VII. Nilai IPA Terpadu yang masih di bawah standar ketuntasan hasil belajar, kurangnya kemampuan pemecahan masalah IPA, minat belajar siswa rendah, kurangnya jam pembelajaran, dan banyak siswa yang memiliki smartphone tetapi pemanfaatanya kurang dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Mengatasi kendala tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang sesuai, salah satunya yaitu mobile learning berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan mobile learning berbasis andorid untuk melatih kemampuan pemecahan masalah, bagaimana kelayakan mobile learning berbasis android oleh ahli dan respon pengguna terhadap mobile learning berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Dissaminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop dan uji coba skala kecil karena tujuan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan dan menghasilkan suatu aplikasi edukatif yang valid. Mobile learning berbasis android dinyatakan layak oleh 5 (lima) ahli media dan 5 (lima) ahli materi dengan persentase sebesar 93, 46% untuk aspek media dan 97,50% untuk aspek materi. Respon siswa memperoleh nilai persentase 97,61% sedangkan respon guru memperoleh nilai persentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa mobile learning berbasis android sangat layak digunakan untuk media pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mobile learning, Android, Media Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:34
Last Modified: 03 Nov 2022 08:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52655

Actions (login required)

View Item View Item