PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X DI SMK NEGERI 3 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Dini Susyanti, 3101417050 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X DI SMK NEGERI 3 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417050 - Dini Susyanti(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan kemudahan sekaligus dampak negatif terutama pada karakter siswa yang semakin tidak sopan dan berperilaku buruk dibalik layar sosial media. SMK Negeri 3 Magelang menjadi salah satu sekolah kejuruan maju yang terletak di tengah Kota Magelang, bertujuan meluluskan siswa berkarakter dan berwawasan lingkungan yang mampu bekerja secara profesional di dunia kerja. Penelitian ini berusaha memaparkan proses pembelajaran sejarah melalui Youtube dalam menanamkan nilai-nilai karakter sehingga siswa memiliki karakter yang baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran sejarah melalui Youtube di SMK Negeri 3 Magelang, (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran sejarah, dan (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter yang disampaikan melalui Youtube dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 3 Magelang. Sumber data yang digunakan adalah informan dari guru sejarah dan siswa kelas X, dokumen terkait perangkat pembelajaran sejarah, dan Youtube. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kajian dokumen, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik Analisis menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini, (1) Langkah-langkah pembelajaran sejarah melalui Youtube menjadi lebih fleksibel, yakni disesuaikan dengan kondisi siswa. Guru mencari, memilih, dan menetapkan sendiri video yang digunakan untuk menyampaikan materi ajar dari segi konten, isi, dan tampilan. Fitur Youtube yang digunakan guru adalah share link dan search. (2) Proses penanaman nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 3 Magelang terintegrasi di setiap kegiatan pembelajaran daring yakni kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Metode yang digunakan adalah tanya jawab dan pembiasaan. Penilaian penanaman nilai karakter dilakukan dengan tes pengetahuan dan sikap. (3) Nilai yang disampaikan melalui Youtube dapat dikatakan berhasil walau belum maksimal. Siswa menyadari dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam video-video yang disampaikan oleh guru sejarah. Nilai tersebut meliputi religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, menghargai, peduli, integritas dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah, Youtube
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:55
Last Modified: 03 Nov 2022 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52650

Actions (login required)

View Item View Item