PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG


NOVI ANDIANI, 1401417275 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401427275 - Novi Andiani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara, angket, dan dokumentasi yang dilakukan di SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang terdapat permasalahan terkait bahan ajar yang digunakan tidak layak dan tidak efektif karena hanya menggunakan buku guru dan buku siswa. KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 76. Dari hasil belajar bahasa Indonesia materi menemukan unsur itrinsik cerita fiksi, siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media buku saku, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media buku saku terhadap kemampuan menenemukan unsur intrinsik cerita fiksi siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Research and Development. Model pengembangan menurut Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumetasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji kelayakan, analisis uji keefektifan media, analsisis data awal berupa uji normalitas, dan analisisis data akhir berupa Repaired t-Test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku layak digunakan berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli. Keefektifan media diuji dengan uji perbedaan Uji t berpasangan diperoleh thitung = 8,816 >ttabel= 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan N-Gain data tes awal dan tes akhir diperoleh sebesar 0,546 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media buku saku layak dan efektif digunakan pada materi menemukan unsur intrinsik cerita fiksi muatan pembelajaran bahasa Indonesia. Saran peneliti selanjutnya adalah buku saku dapat dikembangkan lagi dengan perencanaan yang lebih baik dari komponen isi maupun penyajian yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media buku saku, menemukan unsur intrinsik cerita fiksi, pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:59
Last Modified: 03 Nov 2022 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52648

Actions (login required)

View Item View Item