HUBUNGAN KETAATAN BERAGAMA DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG


Dedi Setyo Utomo, 1401417439 (2021) HUBUNGAN KETAATAN BERAGAMA DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417439 - Didi Setyo Utomo v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Ketaatan beragama dan kecerdasan sosial adalah penyebab yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jika setiap individu mempunyai tingkat ketaatan beragama dan kecerdasan sosial yang baik maka akan baik pula hasil belajarnya, semakin baik tingkat ketaatan beragama dan kecerdasan sosial maka hasil belajar akan semakin baik pula. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan hubungan Ketaatan beragama terhadap hasil belajar IPS kelas IV Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. (2) Untuk menguji hubungan Kecerdasan Sosial terhadap hasil belajar IPS kelas IV Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. (3) Untuk menguji hubungan Ketaatan beragama dan Kecerdasan Sosial terhadap hasil belajar IPS kelas IV Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan sampel sebanyak 122 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket untuk ketaatan beragama dan kecerdasan sosial. Dokumentasi untuk variabel hasil belajar IPS. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Setelah data normal dan linier peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan koefisien uji determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan ketaatan beragama terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,641 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 41,1 %; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,423 dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 17,9 %; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan ketaatan beragama dan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,675 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 45,5 %. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ketaatan beragama dan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar IPS Kelas IV Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan ketaatan beragama dan kecerdasan sosial sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kecerdasan sosial, ketaatan beragama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:41
Last Modified: 03 Nov 2022 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52647

Actions (login required)

View Item View Item