ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SD N 01 DORO KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN


Evi Nuriyah Safitri, 1401417438 (2021) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SD N 01 DORO KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417438 - Evi Nuriyah Safitri (2) v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti mengenai analisis kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK di SD N 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK di SD N 01 Doro Kabupaten Pekalongan dengan cara: (1) mendeskripsikan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran berbasis TIK, (2) mendeskripsikan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK, dan (3) mendeskripsikan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Guru bisa dikatakan sebagai tenaga profesional salah satunya yaitu mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut; (1) pelaksanaan proses pembelajaran di masa pandemi ini sudah berjalan dengan baik di mana proses belajar daring diiringi dengan pembelajaran tatap muka, (2) sebagian guru sudah mampu merancang, membuat, dan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK untuk mendukung pembelajaran daring, (3) video pembelajaran dan quiz interaktif digunakan guru kelas sebagai media pembelajaran, selain itu media pembelajaran lain yang digunakan guru dalam mengajar daring berupa grup whatsapp, youtube, dan google classroom, (4) pembelajaran tatap muka dilakukan untuk mendukung pembelajaran daring yang dirasa kurang optimal dengan cara membagi peserta didik tiap kelas ke dalam beberapa kelompok belajar, (5) kendala yang sering dihadapi guru selama proses pembelajaran daring berupa keterbatasan sinyal, tidak semua peserta didik memiliki handphone sendiri, dan kemampuan orang tua menyediakan paket internet untuk anak-anaknya belajar. Saran penelitian ini untuk guru digunakan sebagai referensi tambahan dalam mempersiapkan diri memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran, untuk sekolah sebagai referensi untuk bisa mengemas proses pembelajaran mejadi lebih baik, dan untuk peneliti lanjutan sebagai referensi untuk menyempurnakan hasil penelitian yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis TIK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:36
Last Modified: 03 Nov 2022 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52644

Actions (login required)

View Item View Item