HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ARJUNA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


Muhammad Rifqi Hasan, 1401417435 (2021) HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ARJUNA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417435 - Muhammad Rifqi Hasan (2) v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Kreativitas dan kemandirian merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika setiap siswa mempunyai tingkat kreativias dan kemandirian belajar yang baik maka hasil belajar akan semakian baik pula. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Arjuna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, (2) menguji hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Arjuna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, (3) menguji hubungan antara kreativitas dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Arjuna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Gugus Arjuna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang yang berjumlah 116 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Sampel Jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas), uji hipotesis (analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,488 (kategori sedang) dan berkontribusi sebesar 23,8%; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kemandirian Belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,692 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 42,1%; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,706 dan (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 50,1%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Arjuna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Saran bagi guru dan sekolah diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan kemandirian belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas; kemandirian belajar; hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:28
Last Modified: 03 Nov 2022 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52642

Actions (login required)

View Item View Item