PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GAJAHMUNGKUR 01 SEMARANG


KRISTIN FEA AR MABEL, 1401417422 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GAJAHMUNGKUR 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417422 - Kristin Mabel v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SD Negeri Gajahmungkur 01 Semarang dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang didapatkan dari hasil wawancara dan data dokumen yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman dikarenakan terbatasnya pengunaan media dalam pembelajaran. Peneliti mengembangkan media komik untuk siswa kelas IV sekolah dasar sebagai bentuk pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media komik dan menguji kelayakan serta keefektifannya dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengunakan model pengembangan menurut Sugiyono yang disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian, langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (wawancara, angket, dokumentasi). Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji t-test dan uji peningkatan rata-rata (N-Gain). Hasil penelitian ini yaitu media yang dikembangkan memuat materi kelas IV dan dibuat dalam bentuk cetak berukuran sebanyak 18 halaman dengan desain yang menarik serta mengunakan bahasa yang sederhana. Hasil perhitungan menunjukan bahwa presentase nilai dari validator materi dan bahasa diperoleh skor 84% dengan kriteria sangat layak dan dari validator media diperoleh skor 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t-test diperoleh tarif signifikansi sebesar (2-teiled) 0,000 < 0,05 dan uji peningkatan rata-rata n-gain diperoleh sebesar 0,60 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media komik dibuat dengan memuat beberapa bagian meliputi cover,kompetensi dasar,indikator,tujuan pembelajaran,dialog komik, rangkuman dan biodata pengembang serta media dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca bahasa indonesia kelas IV sekolah dasar. Saran untuk penelitian selanjutnya pengembangan media komik dapat menyajikan gambar yang lebih menarik dan menyempurnakan kekurang yang ada pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik, Membaca Pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:14
Last Modified: 03 Nov 2022 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52640

Actions (login required)

View Item View Item