PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI GAJAHMUNGKUR 03 SEMARANG


Monica Wulandari, 1401417421 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI GAJAHMUNGKUR 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417421 - Monica Wulandari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas II SD Negeri Gajahmungkur 03 Semarang dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang didapatkan dari hasil wawancara dan data dokumen yaitu bahwa penggunaan media dalam pembelajaran masih minim dan keterampilan membaca siswa masih kurang optimal. Peneliti mengembangkan media buku cerita bergambar untuk siswa kelas II sekolah dasar sebagai bentuk pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media buku cerita bergambar dan menguji kelayakan serta keefektifannya dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono yang disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian, langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (wawancara, angket, dokumentasi). Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji t-test dan uji peningkatan rata-rata (N-Gain). Hasil penelitian ini yaitu media yang dikembangkan memuat materi kelas II dan dibuat dalam bentuk cetak berukuran sedang sebanyak 29 halaman dengan desain yang menarik serta menggunakan bahasa yang sederhana. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa persentase nilai dari validator media sebesar 100% dengan kriteria sangat layak dan dari validator materi dan bahasa sebesar 88% dengan kriteria sangat layak. Hasil perhitungan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga, 0,000 < 0,05 dan persentase ketuntasan sebelum menggunakan media buku cerita bergambar adalah 31% sedangkan setelah menggunakan media tersebut adalah 95% dengan hasil uji peningkatan rata-rata sebesar 0,43 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media buku cerita bergambar dibuat dengan desain menarik yang meliputi sampul, prakata, petunjuk penggunaan, isi cerita, pesan moral dan biodata pengembang serta media dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca bahasa Indonesia kelas II sekolah dasar. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu mengembangkan media buku cerita bergambar dengan perencanaan lebih baik dan peningkatan tampilan desain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:11
Last Modified: 03 Nov 2022 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52639

Actions (login required)

View Item View Item