STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 1 SUKOREJO KENDAL


Viera Yulia Angganingrum, 1401417418 (2021) STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 1 SUKOREJO KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417418 - Viera Yulia v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semenjak merebaknya pandemi yang diakibatkan oleh virus Corona di Indonesia, pihak Kemendikbud membagikan instruksi kepada sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh serta menganjurkan siswa belajar dari rumah. Dengan demikian guru perlu mengembangkan strategi yang cocok untuk pembelajaran daring agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru saat proses pembelajaran IPS secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengambilan data utama berupa wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas V SDN 1 Sukorejo, Kendal untuk mendapatkan data seputar strategi guru dalam pembelajaran IPS secara daring di masa pandemi covid-19. Selain itu, data sekunder juga diperoleh melalui dokumentasi dokumen-dokumen yang terkait dengan strategi guru, proses pembelajaran daring, dan kendala serta catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Adapun sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data menggunakan Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan data adanya strategi yang digunakan oleh guru saat melaksanakan pembelajaran IPS secara daring di kelas V SDN 1 Sukorejo, Kendal yaitu diantaranya strategi pembelajaran blanded learning, strategi visual based learning, strategi student centered learing dan streategi active learning. Pada proses pembelajaran IPS secara daring guru menggunakan model pembelajaran discovery learning, metode pembelajaran simulasi. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS secara daring yaitu kendala sinyal dan media komunikasi, kurangnya pemahaman siswa dan orang tua tehadap materi, menurunnya semangat belajar siswa, guru tidak dapat memantau siswa secara langsung. Adapaun solusi yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS secara daring adalah melakukan home visite, berdiskusi dengan orang tua, memberikan apresiasi kepada siswa, dan bukti pengumpulan tugas. Simpulan penelitian ini adalah guru sudah dapat menyusun strategi yang cocok untuk pembelajaran daring terutama pada mata pelajaran IPS, meskipun terdapat beberapa kendala dalam kegiatan pembelajaran IPS secara daring guru dapat menemukan solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:07
Last Modified: 03 Nov 2022 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52638

Actions (login required)

View Item View Item