PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS KEURA APLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PPKn SISWA KELAS IV SDN 1 NGAWEN


Soffiya Devi Habibatus Sholikah, 1401417412 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS KEURA APLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PPKn SISWA KELAS IV SDN 1 NGAWEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417412 - Soffiya Devi H. S v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarakan pnelitian awal yang dilakukan penelitin menemukan permasalahan bahwa terkait media pembelajaran yang kurang variatif saat pembelajaran jarak jauh. Guru sebatas menggunakan LKS (Lembar Kerja Sekolah) buku guru, buku siswa, media elektronik TV saluran TVRI dari Kemendikbud. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana desain, kelayakan , dan keefektifan pengembangan power point interaktif berbasis KEURA aplikasi pada muatan PPKn materi keberagaman umat beragama dan toleransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran media power point interaktif berbasis KEURA aplikasi. Jenis penelitian ini adalah Receacrh and Development (R&D). Model pengembanagan yang digunakan adalah model Brogg & Gall yang diadaptasi Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1Ngawen berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan media sebesar 100%, kelayakan materi sebesar 87,5%, kelayakan bahasa sebesar 91,66%. Kefektifan media pembelajaran ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan rata�rata dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) < yaitu sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulakan terdapat perd]bedaan signifikan antara hasil belajara pretest dan posttest . Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,551 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran power point interaktif berbasis KEURA aplikasi layak dan efektif digunakan pada pembelajan PPKn materi keberagaman umat beragama dan toleransi dalam konteks Pancasila pada kehidupan sehari-hari. Saran penelitian ini adalah media PPT interaktif berbasis KEURA aplikasi dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas IV pada muatan pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran power point interkatif, KEURA aplikasi, PPKn, keberagaman umat beragama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:58
Last Modified: 03 Nov 2022 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52637

Actions (login required)

View Item View Item