PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VI SDN PACUL 01 TEGAL


Nanda Krisnasari, 1401417399 (2021) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VI SDN PACUL 01 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417399 - Nanda Krisnasari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 maka guru memiliki peran yang sangat penting untuk keberhasilan suatu tujuan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan mengenaiperan guru dalam pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19 saat proses pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan menggunakan teknik pengambila data utama berupa wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas VI SDN 1 Pacul, Tegal untuk mendapatkan data-data seputar peran guru dalam pembelajaran IPS secara daring di masa pandemic Covid-19. Data sekunder penelitiandiperoleh melalui dokumentasi dokumen-dokumen yang terkait dengan peran guru, proses pembelajaran daring, kendala, solusi dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan yaitu sebelum dan sesudah di lapangan. Untuk sebelum di lapangan dilaksanakan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data menggunakan miles and hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pelaksanaan peran guru dalam pembelajaran IPS secara daring di masa pandemic Covid-19 kelas VI SDN Pacul Tegal. Terdapat 16 peran guru yang telah dilakukan oleh guru dan dikerucutkan lagi menjadi 4 peran penting guru di masa pandemi Covid-19 diantaranya yaitu guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai emansipator dan guru sebagai transformator Kendala yang dihadapi guru dalam menjalankan perannya dalam pembelajaran IPS secara daring ini yaitu gadget di bawa oleh orang tua bekerja, kurangnya perhatian orang tua pada pembelajaran anak dan peserta didik yang mudahbosan dengan pembelajaran daring ini. Solusi yang dihadapi guru dalam menghadapi kendalannya yaitu guru membuat metode pembelajaran yang dilakukan tanpa menggunakan gadget dengan mengadakan Home Visit Method, mengadakan rapat secara langsung disekolah dengan orang tua peserta didik dan guru melakukan banyak variasi metode pembelajaran. Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah adanya pelaksanaan peran guru dalam pembelajaran IPS secara daring dimasa pandemic Covid�19 kelas VI SDN Pacul01 Tegal, guru sudah mempersiapkan kendala yang akan dihadapi dan solusi dari kendala tersebut. Oleh karena itu, guru diminta untuk siap menghadapi situasi dan kondisi apapun dalam pembelajaran agar pembelajaran tetap dapat berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Mata Pelajaran IPS, Pembelajaran Daring.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:51
Last Modified: 03 Nov 2022 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52635

Actions (login required)

View Item View Item