PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN TAYU WETAN 01


Lea Valentina, 1401417387 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN TAYU WETAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417387 - Lea Valentina v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi warga negara yang baik, peduli dengan lingkungan sosial, masyarakat dan negara. Berdasarkan data yang diperoleh dalam kegiatan pra penelitian di SDN Tayu Wetan 01 terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan hasil belajar yang masih rendah serta media pembelajaran yang masih belum maksimal dalam penggunaannya. Media yang digunakan seperti gambar, buku guru, buku siswa yang masih terbatas sehingga menciptakan suasana belajar yang kurang menarik dan menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis game pada muatan pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis game pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan Born and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan dibatasi hanya sampai pada 8 tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah. (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) ujicoba pemakaian, dan (8) produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tayu Wetan 01 dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non-tes. Teknik analisis data meliputi analisis produk, analisis data awal dan analisis data akhir dengan uji-t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis game dinyatakan sangat layak oleh ahli media dengan presentase 95,83% dan ahli materi sebesar 93,74%. Media pembelajaran multimedia interaktif berbasis game berpengaruh terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji-t dengan nilai = -22,290 ≤ = 2,045 dan peningkatan rata-rata melalui uji n-gain sebesar 0,56 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran multimedia interaktif berbasis game sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan multimedia berbasis game pada materi dan muatan pembelajaran lain serta memfasilitasi pendidik dengan diadakannya pelatihan dalam mengembangkan media terutama yang berbasis IT oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, game, pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:35
Last Modified: 03 Nov 2022 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52632

Actions (login required)

View Item View Item