PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MUATAN IPA KELAS V SDN WARU 02 BREBES


Indrawan, 1401417383 (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MUATAN IPA KELAS V SDN WARU 02 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417383 - Indrawan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data hasil prapenelitian melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar siswa kelas V SDN Waru 02 Brebes, ditemukan bahwa pembelajaran IPA belum maksimal. Hal ini dikarenakan bahan ajar pada pembelajaran IPA masih terbatas, serta media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan inovatif yang menjadikan siswa kurang aktif, kurang berpikir kritis dalam pembelajaran dan hasil belajarpun menjadi rendah. Nilai pendidikan karakter masih belum optimal diberikan guru ketika pembelajaran. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik inovatif serta didalamnya terdapat nilai-nilai karakter yaitu buku saku berbasis penguatan pendidikan karakter (ppk) menggunakan model problem based learning (pbl) pada muatan IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain buku saku, menguji kelayakan dan keefektifan buku saku. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) model Borg and Gall, disesuaikan jadi 6 langkah yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengembangan Buku Saku Berbasis Penguatan Pendidikan Krakter (PPK) menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) divalidasi ahli materi serta media masing-masing 88,3% dan 100% dengan kriteria sangat layak dan tanggapan guru dan siswa mendapat rerata persentase masing-masing 95 % dan 100% dengan kriteria sangat baik dan layak. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test , hasilnya t hitung > t tabel yaitu 19,334 > 2,570 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan Buku Saku Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Simpulan penelitian ini Buku Saku Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mempunyai desain menarik ,layak dan efektif digunakan pembelajaran IPA kelas V materi perubahan wujud benda. Saran dalam penelitian ini adalah : (1) bahan ajar Buku Saku Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan referensi alternatif pilihan bahan ajar pada materi perubahan wujud benda pada muatan pelajaran IPA untuk siswa dan guru SD Kelas V; (2) guru sebaiknya dapat mengembangkan bahan ajar bentuk lain yang lebih bervariasi agar hasil belajar dan pemahaman siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku; IPA ; Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:50
Last Modified: 03 Nov 2022 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52630

Actions (login required)

View Item View Item