PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBANTUAN VIDEO BERBASIS QR CODE MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SDN PONCOHARJO SKRIPSI


Salma Khoirunnisa Rhomadhoni, 1401417382 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBANTUAN VIDEO BERBASIS QR CODE MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SDN PONCOHARJO SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417382 - Salma Khoirunnisa Rhomadhoni v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN Poncoharjo ditemukan permasalahan keterbatasan media karena di dalam pembelajaran guru hanya menggunakan buku guru dan buku siswa yang mengakibatkan kurangnya anstusias siswa dan hasil belajar IPS rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran flashcard berbantuan video berbasis QR Code pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Poncoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan , dan menguji keefektifan media pembelajaran flashcard berbantuan video berbasis QR Code pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Poncoharjo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan, dkk (dalam Yuniastuti, 2021:80) dengan 4 langkah yaitu: (1)define; (2)design; (3)development; 4) disseminate. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Poncoharjo sejumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran flashcard berbantuan video berbasis QR Code, sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 94,4% dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 91,6%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2- failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest.. Dengan selisih rata-rata nialai pretest dan posttest sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-Gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran flashcard berbantuan video berbasis QR Code sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai pekerjaan kelas IV SDN Poncoharjo. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran flashcard berbantuan video berbasis QR Code pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Flashcard; IPS; Video; QR Code
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:46
Last Modified: 03 Nov 2022 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52628

Actions (login required)

View Item View Item