HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CENDRAWASIH KARANGGONDANG KABUPATEN JEPARA


Yogi Ananda Putra, 1401417379 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CENDRAWASIH KARANGGONDANG KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417379 - Yogi Ananda v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh orang tua dan motivasi belajar merupakan beberapa variabel yang mempunyai hubungan yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara. Pola asuh orang tua adalah cara dalam mendidik, membimbing, dan mengasuh seorang anak. Motivasi belajar adalah dorongan semangat supaya anak mau untuk belajar sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Menguji hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara; (2). Menguji hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara; (3). Menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan menggunakan pengolahan data secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara sebanyak 117 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan sampel sebanyak 117 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis data menunjukkan: (1). Ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika, nilai rhitung = 0,653, termasuk ke dalam kategori yang kuat dan berkontribusi sebesar 42,7%; (2). Ada hubungan yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, nilai rhitung = 0,688, termasuk ke dalam kategori yang kuat dan berkontribusi sebesar 47,3%; (3). Ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, nilai rhitung = 0,691, termasuk ke dalam kategori yang kuat dan berkontribusi sebesar 47,8%. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan (1). Ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika; (2). Ada hubungan yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; (3). Ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan guru tentang hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Orang tua dapat menerapkan pola asuh yang benar terhadap anaknya. Sekolah dapat berkerja sama dengan orang tua untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan siswa. Peneliti diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, motivasi belajar, hasil belajar matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:43
Last Modified: 03 Nov 2022 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52627

Actions (login required)

View Item View Item