HUBUNGAN PERHATIAN AKADEMIK ORANG TUA DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS KYAI GURU KABUPATEN KENDAL


Marseta Primanandi, 1401417370 (2021) HUBUNGAN PERHATIAN AKADEMIK ORANG TUA DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS KYAI GURU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417370 - Marseta Primanandi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ada perbedaan dalam tingkat perhatian akademik orang tua dan komunikasi pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar antar siswa berbeda. Tujuan pada penelitian; (1) untuk menguji hubungan Perhatian akademik orang tua dengan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas IV SD Gugus Kyai Guru Kabupaten Kendal; (2) untuk menguji hubungan Komunikasi Pembelajaran dengan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas IV SD Gugus Kyai Guru Kabupaten Kendal; (3) untuk menguji hubungan Perhatian akademik orang tua dan Komunikasi pembelajaran dengan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SD Gugus Kyai Guru Kabupaten Kendal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi dengan rentang waktu penelitian mulai dari Januari-Mei 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Kyai Guru Kabupaten Kendal berjumlah 141 siswa dengan sampel 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang diteliti meliputi perhatian akademik orang tua, komunikasi pembelajaran dan hasil belajar PPKn. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis pengujian hipotesis. Analisis pengujian hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif antara perhatian akademik orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa (r hitung 0,560 > r tabel 0,1927, dengan koefisien determinasi yang diperoleh r² sebesar 31,3% ; (2) Terdapat hubungan positif antara komunikasi pembelajaran dengan hasil belajar PPKn siswa (r hitung 0,628 > r tabel 0,1927), dengan koefisien determinasi yang diperoleh r² sebesar 39,4% ; (3) Terdapat hubungan positif antara perhatian akademik orang tua dan komunikasi pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn siswa (r hitung 0,631 > r tabel 0,1927) dengan koefisien determinasi yang diperoleh r² sebesar 39,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, semakin baik perhatian akademik orang tua dan komunikasi pembelajaran maka semakin meningkat pula hasil belajar PPKn siswa. Bagi orang tua siswa, lebih memperhatikan kebutuhan dan fasilitas anak, sehingga anak lebih semangat dalam mencapai keberhasilan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn; Komunikasi Pembelajaran; Perhatian akademik Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:35
Last Modified: 03 Nov 2022 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52624

Actions (login required)

View Item View Item