PENGEMBANGAN DIGITAL FLIP MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP


Sidrotul Muntaha, 4001417002 (2021) PENGEMBANGAN DIGITAL FLIP MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417002 - Sidrotul Muntaha V.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen yaitu minimnya penggunaan modul berbasis teknologi, pembelajaran yang kurang berfokus pada peserta didik dan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal tersebut menjadi dasar dalam pengembangan media Digital Flip Module berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, keterbacaan, karakteristik dan keefektifan Digital Flip Module. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Adapun langkah�langkah penelitian pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa Digital Flip Module berbasis Problem Based Learning layak. Persentase skor rata-rata oleh ahli media 95,60% dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli materi 97,15% dengan kriteria sangat layak. Persentase skor rata-rata hasil uji keterbacaan yaitu 91,14% dengan kategori sangat baik. Karakteritisk Digital Flip Module berbasis Problem Based Learning yaitu yaitu (1) self instructional, (2) self contained, (3) stand alone, (4) adaptive, (5) user friendly, (6) konsisten dalam penggunaan huruf, spasi dan tata letak, (7) berbasis elektronik, (8) memanfaatkan fungsi media, (9) memanfaatkan berbagai fitur, (10) menarik. Keefektifan Digital Flip Module dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik memperoleh skor rata-rata n�gain 0,51 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Digital Flip Module berbasis Problem Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital Flip Module, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:40
Last Modified: 03 Nov 2022 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52623

Actions (login required)

View Item View Item