PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KONSEP DIRI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS ANGGREK KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
Rivan Dikmawan Nur Prastyan, 1401417369 (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KONSEP DIRI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS ANGGREK KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Minat belajar, motivasi belajar, dan konsep diri merupakan faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil wawancara, siswa memiliki minat belajar yang rendah, kurangnya motivasi belajar, dan pengenalan konsep diri yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang; (2) menguji pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang; (3) menguji pengaruh konsep diri matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang; (4) menguji pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan konsep diri matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan teknik Proportionate Stratified Random Sampling berjumlah 168 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskesdastisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rhitung = 0,715 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 51,1%; (2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rhitung = 0,721 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 52%; (3) terdapat pengaruh antara konsep diri matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rhitung = 0,687 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 47,2%; (4) terdapat pengaruh antara minat belajar, motivasi belajar, dan konsep diri matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rhitung = 0,863 (kategori sangat kuat) dan berkontribusi sebesar 74,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara minat belajar, motivasi belajar, dan konsep diri matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Saran bagi guru agar meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika; minat belajar; motivasi belajar; konsep diri matematis |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 04:32 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52621 |
Actions (login required)
View Item |