PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DALAM MENGOPTIMALISASI HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV SD NEGERI PONGANGAN KOTA SEMARANG


Annisa Firda Aulia, 1401417367 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DALAM MENGOPTIMALISASI HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV SD NEGERI PONGANGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417367 - Annisa Firda Aulia v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media di bidang pendidikan guru wajib menciptakan kondisi pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif dan inovatif. Guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja, agar tidak menyebabkan siswa bosan saat pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menurun dan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Khususnya pada muatan PPKn nilai ulangan harian siswa sebagian tidak memenuhi KKM. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan media serta menguji perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Dengan prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penentuan kelayakan media berdasarkan uji validasi kepada para ahli yaitu ahli materi dan ahli media dengan diterapkan uji skala kecil. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawncara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir dengan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan persentase yang diperoleh dari ahli materi adalah 90% dengan kriteria sangat layak. Persentase dari ahli media adalah 96% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar uji skala kecil sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif mengalami peningkatan rata-rata dengan kategori cukup baik. Dibuktikan pada hasil rata-rata nilai posttest sebesar 85 dibandingkan nilai pretest sebesar 67,16 dengan nilai n-gain sebesar 0,4676 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif efektif digunakan pada muatan PPKn materi kewajiban dan hak terhadap lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Saran untuk siswa dapat diajadikan sumber belajar serta guru bisa menggunakan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada pembelajaran PPKn pada berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media pembelajaran, powerpoint interaktif, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:28
Last Modified: 03 Nov 2022 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52620

Actions (login required)

View Item View Item