PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 KOTA CIREBON


Anita Wahyu Ning Tias, 3101417030 (2021) PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 KOTA CIREBON. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417030 - Anita Wahyuningtias(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dunia pendidikan Indonesia saat ini tengah mendapatan tantangan di tengah pandemi Covid-19 yang harus mulai beradaptasi dengan era ini yaitu harus beralih dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) atau pembelajaran online di semua level pendidikan. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah pada masa pandemi di MAN 1 Kota Cirebon; 2) Untuk mengetahui platform pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi mata pelajaran sejarah di MAN 1 Kota Cirebon; 3) Untuk mengetahui proses perbaikan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi di MAN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan lokasi penelitian di MAN 1 Kota Cirebon. Informan penelitian adalah guru sejarah, peserta didik dan Wakil Kepala Bidang Kurikulum. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah pada masa pandemi di MAN 1 Kota Cirebon memiliki sedikit perbedaan dalam perencanaan pembelajaran yang terdapat pada terdapat perubahan dalam media, metode, dan penilaian pembelajaran yang dibuat harus disesuaikan dengan kondisi pembelajaran pada masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran sejarah pada masa pandemi di MAN 1 Kota cirebon dilakukan secara daring dengan memanfaatkan tiga platform pembelajaran online yang dapat diakses secara mudah oleh seluruh peserta didik, yaitu WhatsApp, Google Classroom, dan E-learning Madrasah sehingga pembelajaran tetap dapat dilakukan secara efektif yang dapat diikuti oleh seluruh peserta didik. Guru melakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi di MAN 1 Kota Cirebon dengan membuat inovasi�inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Saran yang diberikan peneliti untuk guru Pelaksanaan pembelajaran sejarah pada masa pandemi sebaiknya lebih meningkatkan kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dari segi media ataupun metode dan guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi secara lebih optimal. Saran untuk sekolah diharapkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi, dan pihak sekolah diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih efektif pada permasalahan peserta didik .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Pandemi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:26
Last Modified: 03 Nov 2022 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52619

Actions (login required)

View Item View Item