HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MENYAMPAIKAN TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS TIRTA RAYA KOTA PEKALONGAN


Silvi Febiyani, 1401417363 (2021) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MENYAMPAIKAN TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS TIRTA RAYA KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417363 - Silvi Febiyani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Komponen utama dalam bahasa salah satunya ialah berbicara. Berdasarkan data pra penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang terdapat pada pembelajaran Bahasa salah satunya yaitu pada keterampilan berbicara. Rendahnya keterampilan berbicara dikarenakan kurang percaya diri dan adanya kecemasan siswa yang disebabkan kurangnya kreativitas guru dan metode pembelajaran dalam melatih siswa berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan kreativitas guru dengan keterampilan berbicara siswa kelas IV, menguji ada tidaknya hubungan metode pembelajaran dengan keterampilan berbicara siswa kelas IV serta menguji ada tidaknya hubungan kreativitas guru dan metode pembelajaran secara bersama-sama dengan keterampilan berbicara siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Tirta Raya Kota Pekalongan tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 136 siswa dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara kreativitas guru dan keterampilan berbicara dengan nilai koefisien korelasi 0,071; (2) terdapat hubungan yang positif antara metode pembelajaran dan keterampilan berbicara dengan nilai koefisien korelasi 0,607 ; (3) terdapat hubungan antara kreativitas guru dan metode pembelajaran secara bersama-sama dengan keterampilan berbicara yang nilai koefisien korelasinya 0,790. Simpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan keterampilan berbicara, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran keterampilan berbicara, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan metode pembelajaran dengan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, metode pembelajaran, keterampilan berbicara
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:21
Last Modified: 03 Nov 2022 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52617

Actions (login required)

View Item View Item