HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA
Maharani Dyah Anindya, 1401417362 (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi pada proses belajar, yaitu faktor internal dan eksternal. Lingkungan keluarga dan minat siswa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar siswa. Permasalahan mengenai hasil belajar PPKn ditemukan di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Karangreja Purbalingga yang menunjukkan sebanyak 40,7% siswa dalam satu gugus memperoleh hasil belajar PPKn yang belum memenuhi KKM. Berdasarkan hasil wawancara, dukungan serta bimbingan secara belum diberikan secara penuh ketika anak belajar, serta hasil wawancara terkait dengan kemandirian belajar siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan dukungan sosial keluarga dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar muatan PPKn siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Karangreja Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 105 siswa. kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Karangreja Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi Product Moment, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan besar korelasi dukungan sosial keluarga dan hasil belajar PPKn adalah 0,688 termasuk dalam kategori korelasi yang kuat dengan nilai kontribusi sebesar 47,4%. Korelasi antara kemandirian belajar siswa dan hasil belajar PPKn sebesar 0,686 tergolong korelasi yang kuat dengan nilai kontribusi sebesar 47%. Analisis korelasi ganda antara dukungan sosial keluarga dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar PPKn adalah 0,789. Nilai kontribusi kedua variabel terhadap variabel terikat adalah 62,2%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Karangreja Purbalingga. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajarnya dan orang tua hendaknya memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dukungan sosial keluarga, hasil belajar PPKn, kemandirian belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 04:18 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 04:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52615 |
Actions (login required)
View Item |