PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 RANDULAWANG BLORA


Endah Tri Puspitaningrum, 1401417358 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 RANDULAWANG BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417358 - Endah Tri Puspitaningrum v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di SDN 1 Randulawang yang dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas IV, observasi serta dokumen hasil belajar siswa kelas IV, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPA belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh media pembelajaran berbasis IT yang digunakan untuk menyampaikan materi secara daring kurang inovatif dan terbatas pada media yang tersedia di internet, serta model pembelajaran yang belum sesuai menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Sehingga peneliti mengembangkan multimedia interaktif Adobe Flash berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik, menguji kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif Adobe Flash pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D menggunakan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba produk (skala kecil). Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba skala kecil dilakukan pada 6 siswa kelas IV SDN 1 Randulawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif Adobe Flash berkarakteristik model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari beberapa slide menu yaitu opening, menu utama, pengaturan musik, petunjuk, kompetensi, peta konsep, materi, game, kuis, daftar pustaka, dan profil. Multimedia interaktif ini dinyatakan layak dengan perolehan persentase hasil validasi materi sebesar 86,8%(sangat layak) dan ahli media sebesar 100%(sangat layak), didukung dengan persentase tanggapan siswa sebesar 91,25%(sangat baik) dan tanggapan guru sebesar 87,5%(sangat baik). Berdasarkan uji t menggunakan paired sample t-test diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 12,438 > 2,571 maka Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif Adobe Flash berbasis inkuiri terbimbing, dengan peningkatan hasil belajar (n-gain) sebesar 0,702 (tinggi). Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif Adobe Flash berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Saran dalam penelitian ini yaitu dengan efektifnya multimedia interaktif ini guru sebaiknya meningkatkan kemampuan IT untuk mengembangkan multimedia interaktif Adobe Flash berbasis inkuiri terbimbing dengan tampilan semenarik mungkin sesuai kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, IPA, multimedia interaktif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:14
Last Modified: 03 Nov 2022 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52614

Actions (login required)

View Item View Item