PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD N 02 TEMANGGUNG 01


Ariza Ghani Shafiyanto, 1401417352 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD N 02 TEMANGGUNG 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417352c- Ariza Ghani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Temanggung 1 melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, ditemukan permasalahan dalam muatan pembelajaran Penjasorkes mengenai kurang tersedianya bahan ajar yang inovatif, menimbulkan masalah pada penyampaian materi kepada siswa, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan serta bagaimana keefektifan bahan ajar interaktif berbasis flipbook. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis flipbook, mengkaji kelayakan dan keefektifan bahan ajar interaktif berbasis flipbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 7 langkah, yakni: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji pemakaian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Temanggung 1 dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes unjuk kerja, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data skor unjuk kerja siswa menggunakan analisis data produk, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis flipbook sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 95% dan persentase kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 95,83%. Hasil rata-rata skor tes unjuk kerja siswa mendapatkan nilai 75 dengan KKM yang berlaku di sekolah adalah 70, memenuhi ketuntasan sesuai dengan KKM yang berlaku di sekolah. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbasis flipbook dapat digunakan pada pembelajaran muatan Penjasorkes materi aktivitas latihan daya tahan jantung di SD Negeri 2 Temanggung 1. Saran perlu diadakan pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar berbasis flipbook dengan memperbaiki tampilan dan melengkapi materi dengan sumber yang valid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Penjasorkes, Berbasis Flipbook
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:11
Last Modified: 03 Nov 2022 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52613

Actions (login required)

View Item View Item