HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN SBdP MATERI GERAK TARI KREASI DAERAH KELAS IV SD GUGUS DWIJA KRIDA KOTA SEMARANG


M. Maulana Choirul Ahsan, 1401417344 (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN SBdP MATERI GERAK TARI KREASI DAERAH KELAS IV SD GUGUS DWIJA KRIDA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417344 - M. Maulana Choirul Ahsan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan untuk mengningkatkan kualitas SDM agar dapat bersaing. Sesuai observasi di Gugus Dwija Krida ditemukan bahwa mayoritas guru kelas 4 belum optimal dalam memberikan media pembelajaran yang bervariasi dalam menyampaikan materi seni tari kreasi daerah. Rumusan masalah pada penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat belajar dan media pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP materi gerak tari kreasi daerah. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antaraminat belajar dan media pembelajaran jarak jauh dengan hasil muatan pembelajaran SBdP materi gerak tari kreas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gugus Dwija Krida sebanyak 195 siswa, dan sampel sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang diproposonalkan. Variabel penelitian ini meliputi minat belajar, media pembelajaran jarak jauh dan hasil belajar SBdP. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan agket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis morelasi produc moment Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar SBdP, nilai rhitung sebesar 0,599, termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 35%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara media pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar SBdP, nilai rhitung sebesar 0,673, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 45,3%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan media pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar SBdP, nilai rhitung sebesar 0,675, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 45,5%. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP; hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan media pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar muatan pembelajaran SBdP. Disarankan untuk memberikan bimbingan dan dorongan kepada guru dan peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran SBdP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Media Pembelajaran Jarak Jauh dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:07
Last Modified: 03 Nov 2022 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52610

Actions (login required)

View Item View Item