HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN GUGUS ERLANGGA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG


Retno Anggraeni, 1401417343 (2021) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN GUGUS ERLANGGA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417343 - Retno Anggraeni v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Perhatian orang tua dan kinerja guru merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VI di SDN Gugus Erlangga Kecamatan Bandar Kabupaten Batang diketahui bahwa perhatian orang tua terhadap anak sebagian belum optimal, guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik tentu memiliki berbagai kendala atau hambatan khususunya dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS, (2) mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar IPS, (3) mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan kinerja guru dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Gugus Erlangga Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 siswa dan sampel berjumlah 112 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan di 5 SD Negeri di Gugus Erlangga Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Pelaksanaan penelitian di mulai dari bulan Juni 2020 sampai dengan Juli 2021. Variabel penelitian meliputi perhatian orang tua dan kinerja guru sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif, uji hipotesis, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,657 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 43,2%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja guru dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,661 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 43,7%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kinerja guru dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,742 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55%. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kinerja guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Gugus Erlangga Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Saran bagi orang tua dan guru untuk meningkatkan perhatian dan kinerjanya sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, kinerja guru, hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:03
Last Modified: 03 Nov 2022 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52609

Actions (login required)

View Item View Item