PENGEMBANGAN E-MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN KABUPATEN KUDUS BERBASIS PjBL UNTUK SISWA SMP


Dwi Mariana Ulfa, 4001417001 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN KABUPATEN KUDUS BERBASIS PjBL UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417001 - Dwi Mariana Ulfa v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pembelajaran IPA yang ada di SMP Negeri 2 Jati Kudus yang mendasari pengembangan adalah pembelajaran masih terpusat pada guru, model pembelajaran masih menggunakan model konvensional, dan siswanya masih kurang kreatif. Paradigma pembelajaran di abad-21 membekali siswa dengan keterampilan-keterampilan sehingga pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa akan menemukan dan membangun pemahaman untuk dapat memecahkan permasalahan dunia nyata. Model PjBL merupakan model pembelajaran yang memiliki latar belakang dunia nyata. Pencemaran Lingkungan adalah materi pembelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, kelayakan dan keterbacaan E-modul Pencemaran Lingkungan Kabupaten Kudus Berbasis PjBL Untuk Siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba skala kecil. Instrumen penelitian berupa lembar angket ahli media, ahli materi dan keterbacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata rata persentase validasi media sebesar 93,23%, rata-rata persentase validasi materi sebesar 90,90%, yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat layak. Rata�rata hasil angket keterbacaan oleh siswa dan guru diperoleh 88,28% yang termasuk dalam kategori sangat baik. E-modul Pencemaran Lingkungan Kabupaten kudus Berbasis PjBL memiliki karakteristik yaitu E-modul bersintak PjBL dan E-modul dilengkapi dengan video pendukung yang dapat diputar secara lansgung. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-modul Pencemaran Lingkungan Kabupaten Kudus Berbasis PjBL Untuk Siswa SMP bersintak PjBL serta dilengkapi dengan video pendukung yang sangat layak dan memperoleh kriteria sangat baik dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Development, E-modul, PjBL based
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:17
Last Modified: 03 Nov 2022 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52607

Actions (login required)

View Item View Item