HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN PATI


Siti Noor Laili Mahfukhatus Sofa, 1401417338 (2021) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417338 - Laili Norma v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang ada di SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati menunjukkan bahwa hasil Penilaian Tengah Semester Ganjil terdapat 69% (79 siswa) belum mencapai KKM dari jumlah keseluruhan 114 siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati pada 23 Januari sampai 09 Febuari 2021 di SD setiap satuan pendidikan, terdapat informasi bahwa sebanyak 56% (64 siswa) siswa kurang disiplin serta perhatian orang tua kurang optimal terhadap 63% (72 siswa) dari jumlah keseluruhan 114 siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan dan melakukan kajian secara ilmiah tentang hubungan kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang menggunakan sampel sebanyak 114 siswa diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 67,5%, terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori kuat dengan kontribusi sebesar 62%, terdapat hubungan antara kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 75%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar; terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar; serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar. Disarankan bagi guru agar dapat meningkatkan indikator kedisiplinan siswa yang lemah yaitu disiplin belajar dirumah serta disarankan bagi orang tua agar dapat meningkatkan indikator perhatian orang tua yang lemah yaitu membantu kesulitan belajar anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kedisiplinan siswa, perhatian orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:57
Last Modified: 03 Nov 2022 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52604

Actions (login required)

View Item View Item