PENERAPAN SISTEM PROTEKSI AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN JIWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN


Mardiana, - PENERAPAN SISTEM PROTEKSI AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN JIWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN. HIGEIA : Journal Of Public Health Research and Development.

[thumbnail of 16. Penerapan Sistem Proteksi Aktif dan Sarana Penyelamatan Jiwa Sebagai Upaya Pencegahan Kebakaran - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (310kB)

Abstract

Sistem proteksi aktif dan sarana penyelamatan jiwa pada bangunan gedung merupakan persyaratan teknis yang harus dipenuhi sebagai upaya pencegahan kebakaran. Pada tahun 2012 Hotel Grasia pernah mengalami kebakaran sebanyak 3 kasus diakibatkan karena pemanas air dan bagian genset mengalami korsleting listrik sehingga menimbulkan percikan api. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran penerapan sistem proteksi aktif dan sarana penyelamatan jiwa yang ada di Hotel Grasia Semarang. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2017. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 3 orang. Teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 79 poin yang dibahas, sebanyak 30 poin (37,97%) terpenuhi dan sesuai dengan standar,19 poin (24,06%) belum sesuai dengan standar dan 30 poin (37,97%) tidak terpenuhi. Simpulan dari penelitian ini yaitu pemenuhan sistem proteksi aktif dan sarana penyelamatan jiwa di Hotel Grasia Semarang masih dalam kategori kurang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fire, Active Protection System, Fire Rescue
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:52
Last Modified: 03 Nov 2022 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52602

Actions (login required)

View Item View Item