PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF, DUKUNGAN SOSIAL, DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER DENGAN OPTIMISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Lulusan Pendidikan Akuntansi Tahun 2017-2020)


Reta Sulis Setianingsih, 7101417025 (2021) PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF, DUKUNGAN SOSIAL, DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER DENGAN OPTIMISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Lulusan Pendidikan Akuntansi Tahun 2017-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF, DUKUNGAN SOSIAL, DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER DENGAN OPTIMISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Lulusan Pendidikan Akuntansi Tahun 2017-2020)] PDF (PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF, DUKUNGAN SOSIAL, DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER DENGAN OPTIMISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Lulusan Pendidikan Akuntansi Tahun 2017-2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat membawa perubahan yang menuntut individu untuk aktif dalam persaingan dunia kerja. Perubahan besar dalam berbagai bidang yang terjadi pada abad 21 menyebabkan terjadinya pergeseran skill atau keterampilan, sehingga lulusan perlu memiliki adaptabilitas karier. Adaptabilitas karier hadir sebagai strategi yang perlu dimiliki lulusan dalam menjawab tantangan-tantangan karier. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepribadian proaktif, dukungan sosial, dan adversity quotient dengan optimisme sebagai variabel intervening pada lulusan pendidikan akuntansi 2017-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah lulusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang tahun 2017- 2020 yang berjumlah 586 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan purposive sampling sebanyak 232 lulusan yang bekerja sebagai guru di sekolah dan guru privat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel adaptabilitas karier, kepribadian proaktif, dukungan sosial, adversity quotient, dan optimisme tergolong pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kepribadian proaktif dan optimisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap adaptabilitas karier, sedangkan dukungan sosial dan adversity quotient tidak berpengaruh terhadap qqadaptabilitas karier. Kepribadian proaktif, dukungan sosial, dan adversity quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimisme. Kepribadian proaktif, dukungan sosial, dan adversity quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap adaptabilitas karier melalui optimisme. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian proaktif dan optimisme berpengaruh positif terhadap adaptabilitas karier, sedangkan dukungan sosial dan adversity quotient tidak berpengaruh terhadap adaptabilitas karier. Optimisme mampu memediasi pengaruh kepribadian proaktif, dukungan sosial, dan adversity quotient terhadap adaptabilitas karier. Peneliti menyarankan agar lulusan aktif dalam mengikuti pelatihan maupun pendidikan yang diselenggarakan instansi sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki untuk menjadi guru profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Proaktif, Dukungan Sosial, Adversity Quotient, Optimisme dan Adaptabilitas Karier
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:41
Last Modified: 03 Nov 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52601

Actions (login required)

View Item View Item