PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN 2 CENDANA


Era Melanita Safitri, 1401417331 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN 2 CENDANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417331 - Era Melanita v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN 2 Cendana ditemukan permasalahan berupa keterbatasan media yaitu berupa gambar yang dicetak kecil pada kertas HVS. Selain itu media pendukung seperti LCD proyektor, laptop, dan speaker kurang dimaksimalkan karena hanya digunakan sesekali saja pada proses pembelajaran. Cakupan materi yang terlalu luas, sulit untuk dinalar oleh siswa, serta penggunaan media yang kurang optimal pada pembelajaran sehingga siswa kurang antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar PPKn rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan dan keefektifan e-modul dengan model mind mapping pada mata pelajaran PPKn kelas V SDN 2 Cendana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan e-modul dengan model mind mapping pada mata pelajaran PPKn kelas V SDN 2 Cendana. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan penelitian dan diadaptasi Sugiyono menggunakan 8 langkah yaitu (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Cendana yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul dengan model mind mapping layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 100% (sangat layak), kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 91,66% (sangat layak), dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 84,09% (sangat layak). E-modul dengan dengan model mind mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Cendana berdasarkan uji t memperoleh sig. (2- tailed) sebesar 0,000< 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest serta uji peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,466 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah e-modul dengan model mind mapping yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya masyarakat. Saran penelitian selajutnya dapat mengembangkan dan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Mind Mapping, PPKn, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:50
Last Modified: 03 Nov 2022 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52600

Actions (login required)

View Item View Item