STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PEMBELAJARAN DARING KELAS V SDN SEKARAN 01 KOTA SEMARANG


Nurdin Istiqomah, 1401417330 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PEMBELAJARAN DARING KELAS V SDN SEKARAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417330 - Nurdin Istiqomah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Membentuk karakter siswa menjadi salah satu fungsi pendidikan nasional, di mana salah satu karakter tersebut adalah gemar membaca. Namun, dewasa ini tingkat minat membaca di Indonesia tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan survei tahun 2018 dari Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang menunjukkan Indonesia menduduki peringkat 72 dari 78 negara pada kompetensi membaca. Kondisi tersebut perlu diperbaiki dengan mengupayakan kegiatan penanaman karakter gemar membaca siswa. Sehingga perlu adanya strategi yang mumpuni agar tujuan tersebut dapat dicapai. SDN Sekaran 01 mempunyai strategi dalam menanamkan karakter gemar membaca, khususnya melalui pembelajaran dalam jaringan (daring). Untuk memperjelas arah penelitian, maka peneliti merumuskan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi, hambatan, dan dampak dari strategi guru dalam menanaman karakter gemar membaca melalui pembelajaran daring. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi, hambatan dan dampak dari strategi guru dalam menanamkan karakter gemar membaca melalui pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk mendapatkan informasi mengenaistrategi guru dalam menanamkan karakter gemar membaca meskipun melalui pembelajaran daring, di mana strategi tersebut berbeda dengan pada saat pembelajaran tatap muka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat: 1) strategi yang digunakan guru dalam menanamkan karakter gemar membaca melalui pembelajaran daring yaitu dengan memberikan penugasan berupa membaca dan menulis rangkuman dari apa yang telah dibaca siswa. 2) hambatan dalam pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan karakter gemar membaca melalui pembelajaran daring dibagi menjadi dua, pertama hambatan yang dialami guru antara lain, karakteristik siswa yang beranekaragam, tingkat motivasi belajar siswa yang tidak selalu tinggi, serta perbedaan pada pengawasan orang tua terhadap siswa. Kedua, hambatan yang dialami siswa yaitu sulit dalam menentukan inti sari dan memahami arti kosa kata pada bacaan. 3) dampak dari strategi guru dalam menanamkan karakter gemar membaca melalui pembelajaran daring yaitu siswa dapat merangkai kata menjadi kalimat baik melalui lisan maupun tulisan, menambah pengetahuan siswa, serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Saran untuk guru, sekolah serta orang tua yaitu agar meningkatkan kerja sama dalam menanamkan karakter gemar membaca kepada siswa terutama pada saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter gemar membaca, pembelajaran daring, strategi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:44
Last Modified: 03 Nov 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52599

Actions (login required)

View Item View Item