PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NURI KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO


Wulandari Setianingrum, 1401417326 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NURI KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417326 - Wulandari Setianingrum v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar, kemandirian belajar dan disposisi matematis merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara, dan observasi diketahui bahwa motivasi belajar, kemandirian belajar dan disposisi matematis siswa kelas IV masih rendah, serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 194 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sejumlah 130 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian di transformasikan dengan Method Succesive Interval. Selanjutnya analisis data, sebelum analisis data dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heterokesdastisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji persyaratan, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,438 dalam kriteria sedang; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,365 dalam kriteria rendah; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,497 dalam kriteria sedang; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,596 dalam kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Saran guru hendaknya meningkatkan motivasi belajar, kemandirian belajar dan memperhatikan disposisi matematis siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, kemandirian belajar, disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:38
Last Modified: 03 Nov 2022 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52598

Actions (login required)

View Item View Item