PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK SENAM RITMIK SISWA KELAS IV SDN 2 NGABEAN


Lisya Widi Audia, 1401417322 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK SENAM RITMIK SISWA KELAS IV SDN 2 NGABEAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417322 - Lisya Widi Audia v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN 2 Ngabean ditemukan permasalahan berupa kurangnya penggunaan media pembelajaran, hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Pemanfaatan sarana LCD yang kurang optimal membuat proses pembelajaran terbatas pada buku yang disediakan pemerintah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah desain pengembangan media animasi motion graphic untuk meningkatkan keterampilan gerak senam ritmik siswa kelas IV SDN 2 Ngabean. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media animasi motion graphic dalam meningkatkan keterampilan gerak senam ritmik siswa kelas IV SDN 2 Ngabean. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi dariSugiyono yang menggunakan 10 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) Revisi Produk Akhir; (10) Hasil Produk Akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Ngabean sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media animasi motion graphic sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 92,5%, dan kategori sangat layak berdasarkan ahli materi sebesar 89,06%. Hasil uji t yaitu thitung = 9,21138 > ttabel = 1,98972, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media animasi motion graphic efektif digunakan pada pembelajaran PJOK terhadap keterampilan gerak senam ritmik. Hal ini diperkuat hasilN-gain data pretest dan posttest sebesar 0,406 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media animasi motion graphic layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PJOK materi senam ritmik kelas IV. Saran penelitian selanjutnya peneliti dan guru dapat mengembangkan media animasi motion graphic pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media animasi motion graphic, Keterampilan gerak, Senam ritmik, PJOK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:25
Last Modified: 03 Nov 2022 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52593

Actions (login required)

View Item View Item