PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA


Fitria Wahyu Wulansari, 4001416059 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416059 - fitria wahyu v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tidak lepas dari adanya perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang dijadikan acuan dilaksanakan proses pembelajaran. Proses pembelajaran membutuhkan model dan strategi yang tepat untuk melatih pengetahuan dan sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan socio-scientific issue (SSI) untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan peduli lingkungan siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS) dan alat evaluasi lembar soal. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu (1) memuat inkuiri terbimbing (2) memuat socio-scientific issue (SSI), (3) melatih kemampuan berpikir kritis dan (4) melatih peduli lingkungan. Model penelitian yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluations) yang dimodifikasi yaitu dengan menggunakan 4 dari 5 tahap ADDIE. Hasil analisis kelayakan komponen perangkat pembelajaran dari hasil validasi dan angket keterbacaan guru/ siswa memperoleh kriteria sangat layak dan alat evaluasi lembar soal dinyatakan valid. Hasil akhir yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan socio-scientific issue (SSI) layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, Inkuiri terbimbing, Socio-scientific issue (SSI), Kemampuan berpikir kritis, Peduli lingkunga
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:42
Last Modified: 03 Nov 2022 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52591

Actions (login required)

View Item View Item