PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MICROSOFT POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 2 RANDUBLATUNG BLORA


Novianti Catur Putri, 1401417320 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MICROSOFT POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 2 RANDUBLATUNG BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417320 - Novianti Catur Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari adanya suatu permasalahan yang dihadapi yaitu terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran dan rendahnya keterampilan membaca siswa yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pada siswa kelas II SDN 2 Randublatung Blora. Untuk itu, peneliti melakukan pengembangan media flash card berbasis microsoft power point interaktif. Tujuan dari penelitian adalah peneliti dapat mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media flash card berbasis microsoft power point interaktif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 2 Randublatung Blora. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan Borg and Gall oleh Sugiyono (2017). Data dalam penelitian diperoleh dari angket kebutuhan guru dan angket kebutuhan siswa. Dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh adalah wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Selain itu, lembar validasi diperoleh dari validator ahli materi, bahasa dan media. Analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media flash card berbasis microsoft power point interaktif terdapat beberapa slide menu yaitu petunjuk penggunaan, KI/KD, indikator, tujuan pembelajaran, melisankan dongeng, dongeng, pesan moral, game, daftar pustaka, dan profil pengembang; (2) penilaian kelayakan produk diperoleh dari ahli media sebesar 100% sedangkan ahli materi dan bahasa sebesar 89,4% yang termasuk kriteria sangat layak; (3) keefektifan penggunaan media dibuktikan pada hasil uji perbedaan dengan uji t-test mendapatkan nilaisig. (2-tailed) pretest dan posttest 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, yang artinya adalah terdapat perbedaan rata-rata pretrest dan posttest. Peningkatan hasil belajar keterampilan(n�gain) siswa diperoleh nilai pretest sebesar 61.16 dan nilai posttest sebesar 83.48 dengan perolehan n-gain sebesar 0.56 dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian adalah media flash card berbasis microsoft power point interaktif layak digunakan dan efektif dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat mengembangkan pada muatan pembelajaran lain, kelas dan desain tampilan yang sesuai tingkat kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, media flash card, microsoft power point.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:12
Last Modified: 03 Nov 2022 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52590

Actions (login required)

View Item View Item