ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013


Panji Alwi Maulana, 1401417319 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417319 - Panji Alwi Maulana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah mengeluarkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Oleh sebab itu, Subtansi Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Kekurangan tersebut dapat diketahui melalui kegiatan analisis yang dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa sebelum pembelajaran dan diperoleh informasi bahwa guru pernah menemukan ketidakcukupan materi dengan KD yang terdapat pada buku, baik Buku Guru maupun Buku Siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecukupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV SD tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (edisi revisi 2017) dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik trianguasi sumber, uraian rinci, auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara umum sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan, karena masih terdapat kekurangan, diantaranya terdapat 30 tujuan pembelajaran belum memuat unsur ABCD secara lengkap. Pada kegiatan pembelajaran, terdapat langkah pembelajaran yang kurang lengkap. Pada rubrik penilaian masih ditemukan ketidaksesuaian dengan tujuan pembelajaran. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi pada Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun memerlukan perbaikan pada aspek kecakupan materi. Simpulan penelitian ini bahwa kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV SD tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun memerlukan perbaikan pada beberapa aspek. Saran yang penulis berikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran, guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak hanya berpatok pada kegiatan pembelajaran dalam Buku Guru, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:04
Last Modified: 03 Nov 2022 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52589

Actions (login required)

View Item View Item